» » » Tips Merawat Anis Kembang Lagi Mabung

Kali ni saya membahas Burung Anis Kembang.

Gimana sih caranya merawat harian anis kembang ini jika saat mabung

Setiap burung memiliki masa-masa mabung. Proses ini dapat terjadi setiap setahun sekali. Umumnya bersamaan dengan perubahan musim, entah memasuki musim penghujan atau memasuki musim kemarau. Masa mabung biasanya akan berjalan antara 2-3 bulan.

Tanda-tanda Anis Kembang akan mabung:
  • Warna bulu kelihatan kusam dengan tepi bulu sedikit rusak/nyerit-nyerit khususnya di bulu sayap dan ekor.
  • Burung akan menunjukkan gejala malas berkicau dan malas mandi.
  • Bila masih mau mandi maka selesai mandi semua bulu akan tampak basah kuyup dan kusut.
Berikut Tips Perawatan saat mabung:

  • Pisahkan burung yang lagi mabung dengan burung-burung sejenis atau lain jenis yang gacor. Dengan menyendiri di tempat yang sepi akan membuat sang burung merasa tenang dan nyaman melepas bulu-bulu tua dan tidak terpancing untuk berkicau.
  • Jangan lupa dikerodong ya om selama ia mabung
    Bila rontoknya bulu tidak lancar maka ada baiknya untuk mengganti vor lama dengan vor baru yg kandungan proteinnya lebih tinggi (misal pelet anak ikan lele). Bila rontoknya bulu lancar maka voer tidak perlu diganti.
  • Pemberian Extra Fooding (EF) pada masa mabung sebaiknya tidak diberikan sama sekali agar birahinya turun/ngedrop sehingga pori-pori kulit akan membuka lebih lebar dan akhirnya bulu menjadi lebih mudah untuk rontok dan ganti dengan bulu baru. EF diberikan kembali saat semua bulu ekor atau sayap sudah lepas semua.
  • Selama mabung, burung juga tidak usah dimandikan om tujuannya agar cepat merasa gerah sehingga memancing dia untuk mengibaskan bulu-bulu tuanya. Jika mau dimandikan tunggu saat bulu-bulu baru pada ekor dah tumbuh 50%.
  • Selalu diinget uah jaga kebersihan sangkar pada masa mabung ini juga perlu diperhatikan. Bersihkan kotoran, kayu pangkringan, tempat pakan dan minum, dan sangkarnya setiap seminggu sekali dengan cara memindahkan si burung ini kedalam keramba mandi kosong.
  • Saat mabung juga tidak usah dijemur agar tidak menimbulkan stres dan tidak naik birahinya. mulai dijemur kembali saat semua bulu baru sudah tumbuh lengkap. Tanda bahwa semua bulu baru sudah tumbuh lengkap yaitu sudah tidak ada lagi ketombe berwarna putih yg berjatuhan di dasar sangkar
  • Karena menggunakan metode full kerodong, maka kondisi pakan dan air minum perlu dikontrol setiap hari agar tidak kehabisan, mengingat saat mabung konsumsi pakan dan minum akan meningkat sebesar 30% dari kondisi normal
  • Bila bulu-bulu kepala dah mulai tumbuh berbentuk jarum maka pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan burung hidup maupun master elektronik.
  • Agar cepat berkicau kembali setelah mabung berikan EF dalam jumlah yg lebih banyak dari hariannya. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu meningkatkan birahi. Pemberian bua-buahan juga sangat disarankan khususnya buah apel yg empuk dan renyah. Bila sang burung sudah rajin berkicau kembali maka EF bisa disetel seperti harian semula atau dirubah kembali sesuai dengan kondisi semula
Ok terima kasih semoga bermanfaat yah om...

About ADM

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply

Nonton